Selamat Datang di Portal Kementerian Agama Bantul. Alamat: Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 16 Bantul – Yogyakarta – 55714 Tlp/Fax : +62274-367411. Email : kabbantul@kemenag.go.id

Setelah Menang 2016, Puisi Karya Guru MTsN 3 Bantul Menjadi Puisi Pilihan Festival Sastra UGM 2017

Festifal sastra FILEminimizerBantul (MTsN 3 Bantul) – Siska Yuniarti adalah guru Bahasa Indonesia MTsN 3 Bantul yang banyak berprestasi di bidang karya sastra. Madrasah yang sebelumnya bernama MTsN Giriloyo ini sangat beruntung mempunyai guru berprestasi seperti Siska. "Truntum" karya Siska menjadi salah satu puisi pilihan dalam lomba baca puisi Festival Sastra UGM 2017. Dengan ditetapkan sebagai puisi pilihan, peserta lomba baca puisi yang digelar KMSI Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada dapat membacakan "Truntum" di hadapan dewan juri.

"Truntum berkisah tentang cinta kasih Pakubuwana III dari Kasunan Surakarta dengan permaisurinya, Ratu Kencana. Permaisuri yang dilanda gundah karena dimadu, memilih menyerahkan hidupnya pada Sang Pencipta. Pada suatu malam, dirinya menyaksikan gemerlap bintang di langit. Secara bersamaan, permaisuri juga mencium wanginya bunga tanjung. Hal itu menginspirasinya untuk membuat motif batik truntum. Raja yang sibuk dengan selirnya suatu saat menyaksikan permaisuri membatik dengan motif yang demikian indah. Hatinya tersentuh dan cintanya pun kembali tumbuh," papar Siska ketika dihubungi Rabu (29/3).

"Saat ini, motif truntum sering digunakan pada upacara pernikahan gaya tradisional. Masyarakat menjadikannya sebagai simbol kesetiaan," lanjut Siska. Tahun 2016 puisi "Truntum" menjadi pemenang pertama lomba cipta puisi Festival Sastra Universitas Gadjah Mada. Tidak heran, jika di tahun 2017 ini panitia menjadikannya sebagai salah satu puisi pilihan dalam lomba baca puisi. "Dengan dijadikannya 'Truntum' sebagai puisi pilihan, peserta yang berasal dari pelajar, mahasiswa, atau umum dapat membacakan puisi ini pada lomba baca puisi yang digelar panitia April mendatang. Siapa pun dari seluruh Indonesia dapat mengikuti kegiatan ini," lanjut Siska.

Sementara itu Kepala MTsN 3 Bantul Drs. Surahmanto menyambut baik prestasi anak buahnya tersebut. “Saya bersyukur, madrasah kami memiliki guru-guru muda berprestasi seperti Bu Siska ini. Mudah-mudahan menjadi motivasi para siswa dan guru lain serta menambah perbendaharaan prestasi MTsN 3 Bantul” ujar Rahmanto. (ist)

Informasi Penulis
Ponijo,S.Ag, M.Pd.I
Author: Ponijo,S.Ag, M.Pd.IEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sebagai HUMAS di KEMENAG BANTUL
Tugas pokok Humas berdasarkan surat Setjend Kemenag RI No.SJ/B.VIII/2/HM.00/4044/2013 lebih terfokus pada tiga hal yaitu pelayanan kehumasan, penyajian data keagamaan dan pelayanan Teknologi Informasi Komunikasi.
Untuk informasi pengiriman berita/artikel hub : 0813-2804-2103

Share

Comments   

 
#1 Setelah Menang 2016, Puisi Karya Guru MTsN 3 Bantul Menjadi Puisi Pilihan Festival Sastra UGM 2017Irish 2017-08-07 01:50
I am sure this paragraph has touched all the internet viewers, its really really pleasant piece of writing on building up
new website.

Have a look at my web page :: foot pain cream (deannmooradian.wordpress.com)
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Cara kirim artikel di web KEMENAG Bantul
tombol klik disini
Powered by mod LCA
HUMAS
Kementerian Agama Bantul
Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 16
Bantul – Yogyakarta – 55714
Tlp/Fax : +62274-367411 (hunting)

E-mail :

kabbantul@kemenag.go.id
Webmail Kemenag Pusat