Selamat Datang di Portal Kementerian Agama Bantul. Alamat: Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 16 Bantul – Yogyakarta – 55714 Tlp/Fax : +62274-367411. Email : kabbantul@kemenag.go.id

MAN 4 Bantul Istimewa Ikuti Lomba Daur Ulang Sampah DLH Bantul

32. 32. MAN 4 Bantul Istimewa Ikuti Lomba Daur Ulang Sampah DLH BantulBantul (MAN Lab UIN-MAN 4 Bantul) - Dalam rangka memperingati “Hari Peduli Sampah” Kabupaten Bantul Tahun 2017 dengan tema “Cegah Sampah ke Laut, Kelola Sampahmu Sekarang”, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul menyelenggarakan Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah. Pelaksanaan lomba di Aula Komplek Pemda II, Jalan Lingkar Timur, Bakulan Trirenggo, Bantul, Sabtu (18/2).

 

 

Sebanyak 120 siswa  dari berbagai SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA di Kabupaten Bantul terlibat didalamnya untuk menunjukkan kemampuannya dalam mengelolah sampah. Adapun syarat dan ketentuan lomba kreasi daur ulang sampah ini bahannya berasal dari plastik kresek sebagai bahan dominannya. Proses pengerjaan dari bahan mentah menjadi barang jadi dilakukan di lokasi perlombaan dengan durasi waktu 3 jam.

MAN 4 Bantul selalu mengapresiasikan kreativitas siswanya dengan mengirim dua siswa yaitu Nurul Hidayah dan Sekar Arum untuk mengikuti ajang perlombaan ini. Perlombaan daur ulang sampah ini bertujuan untuk mengasah kreativitas siswa dalam berkreasi dengan sampah-sampah sekitar lingkungan. Dengan kata lain untuk membangkitkan kepedulian siswa tentang arti penting menjaga lingkungan yang bersih tanpa sampah, begitu yang ditangkap Fransisca selaku guru yang mendampingi siswa pada saat perlombaan.

 

 

Harapan Fransisca selaku guru mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan MAN 4 Bantul ini, dengan adanya lomba kreasi daur ulang sampah, akan muncul inovasi dalam penanganan sampah sehingga bisa bernilai ekonomi. Disamping itu lingkungan yang selama ini terancam adanya tumpukan sampah terutama sampah plastik akan berkurang.

 

“Adapun kriteria dalam penilaian lomba kreasi daur ulang sampah dalam rangka hari kepedulian sampah ada empat kriteria, yakni kerapihan, kesesuaian bahan dan tingkat kesulitan, maksud kesesuaian bahan yang benar-benar sampah dan bisa menjadi barang bernilai ekonomis,” kata Fransisca. 

Selanjutnya setiap karya dari seluruh peserta maksimal dikumpulkan pada pukul 12.00 untuk dinilai oleh tim juri dari DLH Bantul, dari lomba ini akan ditentukan beberapa kreasi terbaik untuk mendapatkan penghargaan. 

 

Semoga kedua siswa MAN 4 Bantul yang mengikuti lomba ini bisa menyelesaikan hasil kreasi daur ulang sampah dengan bahan utama plastik kresek  bisa menyelesaikan dengan baik dan tepat waktu. Aamiin (ica/joj)

Informasi Penulis
Ponijo,S.Ag, M.Pd.I
Author: Ponijo,S.Ag, M.Pd.IEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sebagai HUMAS di KEMENAG BANTUL
Tugas pokok Humas berdasarkan surat Setjend Kemenag RI No.SJ/B.VIII/2/HM.00/4044/2013 lebih terfokus pada tiga hal yaitu pelayanan kehumasan, penyajian data keagamaan dan pelayanan Teknologi Informasi Komunikasi.
Untuk informasi pengiriman berita/artikel hub : 0813-2804-2103

Share

Comments   

 
#2 MAN 4 Bantul Istimewa Ikuti Lomba Daur Ulang Sampah DLH BantulElmo 2017-06-27 08:35
Hey just wanted to give you a quick heads up. The text in your post
seem to be running off the screen in Internet explorer.

I'm not sure if this is a format issue or something to do with internet browser compatibility
but I thought I'd post to let you know. The style and design look great
though! Hope you get the problem resolved soon. Thanks

My weblog :: fuck it - vincentgxzaonifxf.jimdo.com -
Quote
 
 
0 #1 MAN 4 Bantul Istimewa Ikuti Lomba Daur Ulang Sampah DLH BantulAlisa 2017-04-10 08:46
It is appropriate time to make some plans for the longer term and it's time to
be happy. I've learn this publish and if I could I want to recommend
you some interesting issues or suggestions. Perhaps you could write next articles relating to this article.
I wish to read even more things approximately it!

My homepage ... manicure
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Cara kirim artikel di web KEMENAG Bantul
tombol klik disini
Powered by mod LCA
HUMAS
Kementerian Agama Bantul
Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 16
Bantul – Yogyakarta – 55714
Tlp/Fax : +62274-367411 (hunting)

E-mail :

kabbantul@kemenag.go.id
Webmail Kemenag Pusat