Selamat Datang di Portal Kementerian Agama Bantul. Alamat: Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 16 Bantul – Yogyakarta – 55714 Tlp/Fax : +62274-367411. Email : kabbantul@kemenag.go.id

Dengan TOEFL Siswa MAN Lab UIN Lebih Siap Berkompetisi di Era Global

Era Global FILEminimizerBantul (MAN Lab UIN) - Sesuai dengan semboyan madrasah istimewa “Prestasi Sebagai Tradisi” Sabtu kemarin (1/10) sebanyak 138 siswa  kelas XII mengikuti tes TOEFL di Kampus Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Persiapan untuk menuju tes TOEFL ini telah dilaksanakan pelatihan selama 3 kali pertemuan, dengan bimbingan dari  beberapa dosen UAD. “Tujuan dari tes TOEFL ini untuk menguji sampai di mana kemampuan yang dimiliki oleh siswa MAN Lab UIN setelah mengikuti pelatihan dan juga untuk mendapatkan sertifikat,” ungkap salah satu guru bahasa Inggris MAN Lab UIN Herin Ratnaningsih, M.Pd.BI.

Selanjutnya sebagai guru bahasa Inggis dan juga koordinator kegiatan TOEFL Herin menjelaskan, pelaksanaan tes TOEFL ini terlaksana atas kerjasama MAN Lab UIN dengan Kampus UAD Yogyakarta yang telah berjalan selama dua tahun ini. “Pelaksanaan tes dilakukan di Ruang Laboratorium Pendidikan Bahasa Inggris UAD, sekaligus mengenalkan Ruang Laboratorium Bahasa Inggris kepada seluruh siswa kelas XII,” kata Herin.

Pelaksanaan  dibagi menjadi 2 sesi mengingat keterbatasan kuota lab bahasa yang digunakan untuk tes TOEFL ini. Durasi waktu yang diberikan untuk mengerjakan tes TOEFL  selama 2 jam dengan jumlah soal 150, yang terdiri dari soal Listening, Structure, dan Reading comprehension.

Waka Kurikulum MAN Lab UIN, Dra. Ninik Indriyanti, sangat mendukung kegiatan pelatihan TOEFL yang dilanjutkan dengan tes untuk menguji kompetensi siswa. Dalam sambutannya di hadapan seluruh siswa sebelum berangkat ke Kampus UAD Ninik berpesan, “Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Dengan mengikuti tes ini kalian mempunyai persiapan dalam menghadapi globalisasi yang salah satunya dengan bahasa Inggris,” tegas Ninik.

Hasil tes TOEFL ini  selain untuk mengukur kompetensi bahasa Inggris siswa, juga untuk mendorong siswa untuk lebih semangat dalam belajar bahasa Inggris. “Guru juga dapat menggunakannya sebagaifeedback dalam pembelajaransehingga bisa memperbaiki pembelajaran bahasa Inggris yang kurang tepat,”  kata Ninik ketika diwawancarai Humas saat mendampingi siswa di Kampus UAD. (rin/ica)

Informasi Penulis
Ponijo,S.Ag, M.Pd.I
Author: Ponijo,S.Ag, M.Pd.IEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sebagai HUMAS di KEMENAG BANTUL
Tugas pokok Humas berdasarkan surat Setjend Kemenag RI No.SJ/B.VIII/2/HM.00/4044/2013 lebih terfokus pada tiga hal yaitu pelayanan kehumasan, penyajian data keagamaan dan pelayanan Teknologi Informasi Komunikasi.
Untuk informasi pengiriman berita/artikel hub : 0813-2804-2103

Share

Comments   

 
#3 Dengan TOEFL Siswa MAN Lab UIN Lebih Siap Berkompetisi di Era GlobalJohnette 2017-07-15 18:50
I'm impressed, I have to admit. Rarely do I come across a blog that's both educative and
entertaining, and let me tell you, Can better posture make
you taller?
have hit the nail on the head.
The issue is something too few men and women are speaking intelligently about.

I am very happy I came across this during my hunt
for something concerning this.
Quote
 
 
#2 Dengan TOEFL Siswa MAN Lab UIN Lebih Siap Berkompetisi di Era GlobalTania 2017-07-07 22:02
I'm extremely impressed with your writing skills
as well as with the layout on your weblog. is a foot corn painful (cynicalcompleme52.exteen.com) this a paid theme or did you customize it yourself?
Anyway keep up the nice quality writing, it's rare
to see a nice blog like this one today.
Quote
 
 
#1 Dengan TOEFL Siswa MAN Lab UIN Lebih Siap Berkompetisi di Era GlobalFrancis 2017-06-27 08:44
Hello, I think your blog might be having web browser compatibility problems.
When I look at your web site in Safari, it looks fine however when opening in I.E., fuck it (equabledesperad72.jigsy.com) has
some overlapping issues. I simply wanted to provide you with a quick heads up!

Aside from that, great site!
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Cara kirim artikel di web KEMENAG Bantul
tombol klik disini
Powered by mod LCA
HUMAS
Kementerian Agama Bantul
Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 16
Bantul – Yogyakarta – 55714
Tlp/Fax : +62274-367411 (hunting)

E-mail :

kabbantul@kemenag.go.id
Webmail Kemenag Pusat