Selamat Datang di Portal Kementerian Agama Bantul. Alamat: Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 16 Bantul – Yogyakarta – 55714 Tlp/Fax : +62274-367411. Email : kabbantul@kemenag.go.id

Menjamin Mutu Jajanan, MAN Wonokromo Hadirkan Sanitarian dan Nutrisionis Puskesmas Pleret

kantin FILEminimizerBantul (MAN Wonokromo) – Jajanan merupakan kebutuhan yang paling sering dikonsumsi siswa. Meskipun sebagian siswa membawa makanan dari rumah namun ketersediaan jajan di kantin sekolah/ madrasah masih tetap saja menjadi incaran siswa. Banyaknya jajanan yang ditawarkan di kantin seringkali belum memenuhi standar kesehatan dan kebersihan, terlebih ketika tidak ada pantauan dari pihak yang berkepentingan. Berkenaan dengan hal tersebut dan juga usaha untuk menjaga kesehatan seluruh civitas madrasah, maka MAN Wonokromo menghadirkan sanitarian dan nutrisionis dari Puskesmas Kecamatan Pleret Kamis (15/9). Kehadiran petugas Puskesmas tersebut berkaitan dengan persiapan MAN Wonokromo menuju madrasah sehat yang sudah dicanangkan beberapa waktu yang lalu.

 

Ambarwati WA AMKL sebagai sanitarian dan Sajinem AMdGz sebagai nutrisionis dari Puskesmas Pleret tersebut meneliti dan memantau kebersihan, kesehatan lingkungan dan juga kebersihan serta mutu makanan yang dijual di kantin madrasah. Ambarwati meneliti kesehatan dan kebersihan lingkungan mulai dari kamar mandi, selokan, ruang kelas, ruang kantor, kantin dan seluruh area di MAN Wonokromo termasuk memantau adanya jentik nyamuk di bak air kamar mandi serta sarang nyamuk dan lalat di arena pembuangan sampah.

 

Sementara itu Sajinem meneliti kandungan gizi dari makanan yang dijual di kantin juga tentang kebersihan makanan. Selain itu juga meneliti penggunaan zat pewarna, penyedap rasa maupun pemanis buatan pada makanan.

 

Koordinator UKS M. Nua’im SPdI mengungkapkan dalam rangka menuju madrasah sehat sebenarnya MAN Wonokromo telah memulai dengan gerakan bebas minuman dam makanan instan yang mengandung banyak pengawet, pemanis buatan, pewarna sintetis dan penyedap rasa sejak beberapa waktu yang lalu. “Namun demikian setelah diadakan pemantauan ternyata masih ada beberapa saran dan anjuran yang sangat bermanfaat untuk menuju madrasah sehat,” papar Nua’im.

 

Nutrisionis dari Puskesmas Pleret Sajinem dalam evaluasi setelah meneliti dan memantau kantin menyampaikan pada umumnya keadaan kantin sudah baik, jenis makanan juga sudah beragam dan sudah memenuhi standar, namun kemasan makanan perlu diatur ulang. “Diusahakan makanan atau minuman tidak dikemas menggunakan plastik. Bisa dengan menggunakan gelas/ cangkir dan untuk makanan menggunakan pembungkus daun, saya kira di daerah sini masih mudah menemukan daun untuk membungkus makanan,” saran Sajinem saat mengunjungi kantin madrasah.

 

Sementara untuk lingkungan, Ambarwati menyampaikan kebersihan dan kesehatan lingkungan tidak hanya sekadar tidak ada kotoran, tetapi diusahakan adanya tanaman hijau di sekitar ruangan yang ada di madrasah. Ditambahkan pula daun daun yang jatuh juga bisa dibikin kompos sehingga tidak perlu dibuang di dalam bak sampah bercampur dengan sampah kertas, plastic dan yang lain. “Selain kebersihan lingkungan, kebersihan kamar mandi merupakan hal yang sangat penting mengingat ditempat ini paling mudah bakteri berkembang. Diusahakan bak mandi dikuras sesering mungkin dan jangan sampai ada jentik nyamuk yang hidup di dalamnya, termasuk kolam ikan juga harus sering dibersihkan,” pesan Ambar. (lif)

Informasi Penulis
Ponijo,S.Ag, M.Pd.I
Author: Ponijo,S.Ag, M.Pd.IEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Sebagai HUMAS di KEMENAG BANTUL
Tugas pokok Humas berdasarkan surat Setjend Kemenag RI No.SJ/B.VIII/2/HM.00/4044/2013 lebih terfokus pada tiga hal yaitu pelayanan kehumasan, penyajian data keagamaan dan pelayanan Teknologi Informasi Komunikasi.
Untuk informasi pengiriman berita/artikel hub : 0813-2804-2103

Share

Comments   

 
#8 Menjamin Mutu Jajanan, MAN Wonokromo Hadirkan Sanitarian dan Nutrisionis Puskesmas PleretThorsten 2017-06-27 09:47
Undeniably consider that that you stated. Your favorite reason seemed to be on the
net the easiest thing to understand of. I say to you, I certainly get irked even as
other folks consider concerns that they plainly don't recognize about.
You managed to hit the nail upon the top as well as defined out the whole thing
without having side effect , other folks can take a signal.
Will probably be back to get more. Thank you

My blog fuck it (wongvtaeunfwuz.jimdo.com/.../. ..)
Quote
 
 
#7 Terima Kasihserapano 2017-06-02 04:03
arquitectura una fase. Aquellos rodajes los protagonizaban solo las ucranianas que mandaba el tal paket tour singapore Boris. Pero ninguno le vio de ningún modo, solo trataban con la aristócrata que trabajaba para él "como secretaria". "A las chicas españolas las tenía haciendo de mamporreras -preparan a los machos entre bambalinas antaño de partisi ruangan emanar con las chicas-. Era un perfume cargante, y un entusiasmo ter
Quote
 
 
#6 Terima Kasihserapano 2017-06-02 04:01
[quote name="serapano" ]erda. Cuando veían ahí a todos aquellos viriles se quedaban aterrorizadas.meja kantor Teníamos que agachar a comprarles una vasija de vodka o poco así para que se emborracharan y pudieran producir la escena", relata una trabajadora. Detenido por desmán de beocios Torb puding coklat
Quote
 
 
#5 Terima Kasihserapano 2017-06-02 04:00
erda. Cuando veían ahí a todos aquellos viriles se quedaban aterrorizadas. Teníamos que agachar a comprarles una vasija de vodka o poco así para que se emborracharan y pudieran producir la escena", relata una trabajadora. Detenido por desmán de beocios Torb [url=http://mya garos.com"]Pudi ng Coklat
Quote
 
 
#4 Terima Kasihdelano 2017-06-02 03:59
a Inés (renombre falso), una de aquellas chicas, que conoció a Torbe cuando solo tenía 18 años y estuvo viviendo en su arquitectura una fase. Aquellos rodajes los protagonizaban solo las ucranianas que mandaba el tal Boris. Pero ninguno le vio de ningún modo, solo trataban con la aristócrata que trabajaba para él "como secretaria". "A las chicas españolas las tenía haciendo de mamporreras -preparan a l
paket wisata bali
Quote
 
 
0 #3 Menjamin Mutu Jajanan, MAN Wonokromo Hadirkan Sanitarian dan Nutrisionis Puskesmas PleretMuriel 2017-05-02 00:34
Terrific post however I was wanting to know if you could write a litte more on this topic?
I'd be very thankful if you could elaborate a little bit more.
Appreciate it!

Also visit my webpage pussy sex
Quote
 
 
0 #2 Menjamin Mutu Jajanan, MAN Wonokromo Hadirkan Sanitarian dan Nutrisionis Puskesmas PleretStacy 2017-04-05 02:18
Quality posts is the secret to interest the users to go to see the website, that's what
this web page is providing.

Feel free to surf to my weblog - BHW
Quote
 
 
0 #1 Menjamin Mutu Jajanan, MAN Wonokromo Hadirkan Sanitarian dan Nutrisionis Puskesmas PleretKit 2017-03-28 12:58
It's remarkable to pay a visit this web page and reading the views of all colleagues
concerning this paragraph, while I am also keen of getting experience.


Feel free to visit my webpage ... jajajan 1000
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Cara kirim artikel di web KEMENAG Bantul
tombol klik disini
Powered by mod LCA
HUMAS
Kementerian Agama Bantul
Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 16
Bantul – Yogyakarta – 55714
Tlp/Fax : +62274-367411 (hunting)

E-mail :

kabbantul@kemenag.go.id
Webmail Kemenag Pusat