Selamat Datang di Portal Kementerian Agama Bantul. Alamat: Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 16 Bantul – Yogyakarta – 55714 Tlp/Fax : +62274-367411. Email : kabbantul@kemenag.go.id

Program Ramadhan ICBB "SANTRI MASUK DESA"

APU MA S M D Rmdhan(Bantul, 02-7-2013) Madrasah Aliyah (MA) ICBB (Islamic Centre Bin Baz) dengan At-Turots Peduli Umat (APU) yang merupakan divisi Yayasan yang bergerak dibidang Sosial dan Dakwah bekerjasama dalam Program Ramadhan “Santri Masuk Desa”. Program "Santri Masuk Desa" ini akan dilaksanakan insya Alloh selama 10 hari pertama Ramadhan yaitu tanggal 1 - 10 Bulan Ramadhan 1434 H, dengan peserta semua santri Putra MA ICBB kelas 1 - 3. Lokasi penempatan Program “Santri Masuk Desa” ini meliputi desa-desa yang berada di Kabupaten Gunungkidul, Kulon Progro, Bantul dan Sleman untuk DIY dengan persentase penempatan santri terbesar adalah di Gunungkidul yaitu 60 % dari 210 santri yang dikirim, sedangkan untuk di Provinsi JATENG yaitu Kabupaten Boyolali, Karanganyar, Wonogiri. Nantinya para santri ini akan ditempatkan di masyarakat yang didesa tersebut telah dibangun Masjid oleh Yayasan At-Turots Al Islamy Yogyakarta yang selama ini telah menjadi lokasi dakwah rutin APU ataupun ditempatkan di desa yang secara khusus meminta kepada APU agar pada bulan Ramadhan tahun ini ada Ustadz / Da’i yang ditempatkan didesanya. Untuk wilayah Kabupaten Sleman lokasi penempatannya di dekat dengan Lokasi Gunung Merapi, sedangkan yang di Kabupaten Bantul lokasinya di desa-desa didekat Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Jumlah masjid yang akan ditempati untuk Program "Santri Masuk Desa" meliputi 70 Masjid, pemberangkatan 1 atau 2 hari menjelang Puasa Ramadhan 1434 H dengan kendaraan Bis kemudian dilanjutkan ke lokasi yang menjadi tujuan dengan kendaraan mobil.

Tujuan strategis dari Program “Santri Masuk Desa” ini menurut Ustadz Arif Mustakim, S.Hut. selaku Ketua Divisi APU adalah:

1. Melatih para santri berinteraksi/bermuamalah dengan masyarakat di pedesaan.

2. Melatih para santri dalam mengaplikasikan ilmunya di masyarakat (belajar dakwah).

Oleh karena itu agar para santri niatnya benar dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi maka mulai hari Senin kemarin tanggal 01 Juli 2013 sampai dengan menjelang pemberangkatan telah dimulai dilakukan pembekalan bagi para santri dengan “Dauroh Pelatihan Da’i “ di Masjid MA ICBB 2. Pelatihan hari pertama kemarin dengan pemateri Ustadz Rezi yang dalam pelatihan tersebut menyampaikan kepada para santri tentang: Definisi, Keutamaan dan Rukun/Hukum, Syarat dan Rambu-rambu Dakwah. Menurut Ustadz Rezi, Orang yang berdakwah (mubaligh) itu membawa 3 hal: (1). Menyampaikan Islam karena Alloh Ta’ala, (2). Mengajarkan nilai-nilai ke-Islaman yang agung dan (3). Mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian diantara keutamaan orang yang berdakwah antara lain:

 

  • Dakwah adalah tugas mulia/jalan para Nabi. Allah Ta’ala berfirman, “Katakanlah, ‘Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha suci Allah, dan aku tiada Termasuk orang-orang yang musyrik” (QS. Yusuf : 108).
  • Mendapatkan pahala yang tidak terputus walaupun telah meninggal sebagaimana dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah, “Jika manusia mati terputuslah darinya amalnya kecuali tiga hal : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya” (HR. Muslim). Maka ilmu yang disebarkan oleh seorang da’i dalam rangka menyeru kepada Allah, baik melalui majelis ta’lim, atau ketika bergaul dengan manusia, pahalanya akan senantiasa mengalir dan memberikan manfaat hingga hari kiamat kelak.
  • Mendapatkan pahala yang melimpah karena “system multi-level pahala”, sebagaimana sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, “Barangsiapa yang memelopori suatu kebaikan (yang telah ada contohnya dari Nabi -pent) dalam Islam, baginya pahala semisal dengan orang yang melakukannya, tanpa mengurangi sedikitpun pahala yang diperoleh orang yang melakukan tersebut”. Dalam hadits lainnya, beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, “Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan baginya pahala yang semisal dengan orang yang melakukan kebaikan tersebut”.

 

Subhanalloh… begitu banyak keutamaan bagi orang yang berdakwah, semoga hal ini memotivasi para santri dan kita semua serta marilah kita do’akan semoga para santri MA ICBB peserta Program “Santri Masuk Desa” ini mendapatkan pertolongan dan kemudahan dari Alloh Subhanahu wa Ta’ala. Semoga informasi ini bermanfaat, Barokallohu fiikum.

Peta ICBB (Klik)

Informasi Penulis
Author: Islamic Centre Bin BazEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Share

Add comment


Security code
Refresh

Cara kirim artikel di web KEMENAG Bantul
tombol klik disini
Powered by mod LCA
  • KUA PIYUNGAN TELADAN NASIONAL

    birohmah Sabtu, 13 Desember 2014 19:43:09
    birohmah
    Semoga menjadi contoh untuk KUA daerah lain di Indonesia. by birohmah.unila.ac.id/.../ ...

    Read more...

     
  • Kemenag Bantul Bekali Pengelola Web

    Kemenag Senin, 31 Maret 2014 03:02:18
    Kemenag Kabupaten Karimun
    Selamat bekerja dan berkarya buat Humas di Kemenag Bantul. Salammsilaturra hmi dr kemenagkarimun.blogspot.comKem ...

    Read more...

     
  • PERNIKAHAN SIRRI, PROBLEMA DAN SOLUSINYA

    Ida Masruroh Rabu, 22 Mei 2013 17:33:40
    RUGIKAN PEREMPUAN
    Apapun alasannya, Nikah Siri hanya merugikan kaum perempuan. Kami keluarga besar MUKENA DISTRO sangat ...

    Read more...

     
  • Kata Motivasi Hidup 2013 (Terbaru - lengkap)

    hany Senin, 18 Februari 2013 15:58:08
    RE: Kata Motivasi Hidup 2013 (Terbaru - lengkap)
    kata motivasi yang sangat bagus terimakasih saya suka kata mutiara indah visit my web ...

    Read more...

HUMAS
Kementerian Agama Bantul
Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 16
Bantul – Yogyakarta – 55714
Tlp/Fax : +62274-367411 (hunting)

E-mail :

kabbantul@kemenag.go.id
Webmail Kemenag Pusat